Tuesday, May 22, 2012

Mimpi Sejuta Dolar, membangkitkan semangat jiwa muda

Merry Riana, seorang wanita sukses dan inspiratif yang telah mewujudkan mimpi meraih kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun. Merry Riana adalah motivator muda, penulis, pembicara, dan pengusaha sukses yang mampu membuktikan bahwa dengan kerja keras, ketekunan dan kedisiplinan membuat impiannya terwujud, yaitu berpenghasilan satu juta dolar per bulan di usia 26 tahun. Wow, sungguh prestasi yang membanggakan! Indonesia patut berbangga memiliki contoh wirausahawan muda yang inspiratif. Perjuangan yang dilandasi rasa kegigihan, keberanian, optimisme, disiplin dan kerja keras ia lakukan. Kisah perjuangan Merry Riana dapat kalian baca pada sebuah buku karangan Alberthiene Endah berjudul
"Mimpi Sejuta Dolar". Dalam buku yang telah menembus cetakan kelima, Februari 2012 terbitan Gramedia Pustaka ini Sangat memotivasi dan membangkitkan semangat enterpreneurship. Dalam buku ini dikisahkan Masa - Masa sulitnya dahulu sejak memasuki Masa kuliah. Kala itu, Merry, gadis berusia 18 tahun terpaksa merantau mengenyam pendidikan di Singapore. Keadaan tahun 1998 membuatnya terpaksa terbang kesana. Keterbatasan dana membuatnya terpaksa menahan lapar hanya dengan sarapan mie instant dan makan siang dengan sebuah roti seharga 1 dolar. Minum pun hanya mengandalkan keran air yang berada di kampusnya, Nanyang Technology University. Biaya kuliah dan bekal sehari-hari yang didapat dari berhutang di Bank Singapore sebesar 40.000 dolar, memaksanya terus berhemat di tengah begitu mahalnya hidup disana. Merry tak seperti kebanyakan teman - temannya. Dikala teman-teman sebayanya bersantai menikmati Masa kuliah, ia sebaliknya berpikir keras melewati hari-hari dengan pas-pasan agar tidak menyusahkan kedua orang tuabya di Jakarta. Saya begitu terharu membaca kisahnya. Tak terbayang dibenak saya kalau sampai hidup di negeri tetangga dengan keadaan serba pas. Saya menjadi teringat kala saya dan kedua sahabat saya berlibur ke Singapore. Kala itu, untuk menghemat pengeluaran biaya, kami membawa selusin mie instant sebagai sarapan pagi selama 4 hari disana. Siangnya kami terkadang membeli nasi, atau bahkan memakan mie lagi dan kadang membeli roti seharga 1 dolar. Dari makan itu sejujurnya belum mengenyangkan perut kami. Wah, liburan saja membuat nasib perut kami miris., apalagi menjalani kehidupan kuliah seperti Kak Merry Riana lakukan ya. Sungguh ironis.

Untuk menjadi seorang yang luar biasa sungguh tak mudah dilakukan. Mendapatkan penghasilan sebegitu hebat per bulan memerlukan proses panjang yang berliku. Berbagai kegagalan hinggap menguji kesabaran. Tak dapat dipungkiri dalam kisahnya, terkadang rasa putus asa kerap mengahantui,. Maka, dengan hadirnya seorang Alva, partnernya adalah seorang yang siap menyemangati serta membakar kembali kobaran api semangat yang meredup. Mulailah kembali ia bergerak, kerja keras, disiplin dan tak lupa selalu berdoa melibatkan Tuhan dalam segala hal. Ada begitu banyak manfaat yang dapat saya petik dari membaca kisah perjuangan nyata ini. Nah, berikut ada beberapa cara meraih sukses diusia muda yang dapat saya simpulkan dari membaca buku ini.

Rajut impianmu segera
Tak salah jika disebutkan dalam buku ini bahwa "titik awal keberhasilan adalah sebuah impian".. Banyak motivator berpendapat, rangkailah impian sebanyak mungkin.. Usahakan dan perjuangkan impian - impian tersebut hingga impian tersebut benar -benar ada dalam genggaman. Sebagai seorang muda, Kak Merry mulai merajut impian menjadi seorang wirausaha demi kebebasan finansial sebelum usia 30 tahun. Kala itu, impian membahagiakan orang tua dan membayar utang kuliah adalah impian besarnya.
Kerja keras dan disiplin
Impian yang tak dibarengi usaha yang gigih sama halnya menjadikan kita sang pemimpi belaka. Kita begitu sibuk merajut impian yang begitu besar tanpa aksi nyata akan menjebak kita dalam dilema sang pemimpi hingga akhirnya berbuah omong kosong belaka. Maka, jika impian telah dirajut, bergegaslah, beraksi, lakukan dengan kerja keras serta disiplin yang ketat. Saat menjadi sales asuransi, Kak Merry bersama Alva suaminya menetapkan target mempersentasikan produk asuransi kepada 20 orang setiap harinya, hingga kemungkinan 1 orang deal berhasil dilakukan. Hal itu ia lakukan setiap hari dari pagi hingga petang secara terus menerus.
Jangan mudah putus asa
Kegagalan - kegagalan yang pernah kita alami kadang membuat hati goyah dan berputus asa. Pikirkan - pikirkan negatif pun akhirnya timbul menghiasi otak kita. Pikirkan yang ingin mengalah dan berpasrah diri karena lelah berjuang adalah sebuah penyakit yang harus dimusnahkan. Orang menjadi sukses butuh perjuangan dan kegigihan. Kegagalan - kegagalan dijadikan intropeksi diri memperbaiki kekurangan, membenahi kesalahan, serta menambah pembelajaran. Orang sukses akan bangkit kembali meninggalkan kepahitan atas kegagalan dan kemudian berlari menapaki jalan kesuksesan. Kak Merry yang gigih walau berbagai kegagalan yang dialami sempat membuatnya ingin berhenti, namun akhirnya bangkit kembali disuntik semangat juang oleh suaminya. Ia pun membiasakan diri selalu optimis dan berpikiran positif.
Selalu melibatkan - Nya dalam segala hal
Sebagai seorang beragama, meminta petolongan dan perlindungan dari Tuhan adalah sesuatu yang sangat penting. Libatkanlah Dia Yang Maha Kuasa. Berdo'a dan meminta kelancaran dalam segala urusan kehidupan kita. Kak Merry adalah seorang Katolik yang taat. Masa - Masa sulit dahulu tak melupakannya untuk selalu berdoa.
Iman membuatnya bertahan dan gigih berjuang.

Sekali lagi saya sampaikan bahwa buku ini sangat motivatif dan inspiratif. Mimpi sejuta dolar tak akan tercapai tanpa sebuah landasan impian besar yang disertai kerja keras dengan disiplin ketat, rasa optimisme dan tidak mudah putus asa, serta tak melupakan Tuhan sebagai pendamping dalam setiap langkah Mencapai impian. Terima kasih Gramedia yang telah menerbitkan buku tentang perjalanan menuju satu juta dolar ini. Buku yang membakar semangat jiwa - jiwa muda untuk gigih mendaki menapaki tebing - tebing perjuangan demi meraih puncak kesuksesan yang menanti. Semangat kawan!!! :D

Ku rajut impian..
Ku singsingkan keberanian..
Ku tapaki sebuah perjuangan..
Ku nikmati walau penuh rintangan..

Semangat kan terus ku selipkan..
Dalam setiap keringat yang bercucuran..
Optimisme masih terus berkeliaran..
Dalam setiap pikirkan pesimis yang bergentayangan..

Impianku bukanlah sebuah khayalan..
Impianku sedang ku lakukan dalam sebuah pertempuran..
Impianku tak boleh terkalahkan..
Impianku kan kuraih dalam bentuk kesuksesan..

Amin YA Rob.. :)

No comments:

Post a Comment