Thursday, April 19, 2012

Membuat Blog secara Kreatif dan Menarik

Buku ini berisi tips bagaimana membuat suatu konten blog secara kreatif. Lebih spesifiknya berisi tips bagaimana mencari ide atau tema tulisan untuk blog kita, mengupas bagaimana memanfaatkan elemen - elemen penulisan di blog sehingga menjadi blog yang menarik, dan juga berisi tips bagaimana menciptakan waktu yang padat untuk menulis blog.

Dikutip dari buku terbitan Mediakita 2012 karangan Ollie (penulis yang terkenal karena ngeblog) berpendapat bahwa
blog memiliki tiga arti. Blog bisa berarti jurnal harian, jurnal reaksi, dan jurnal of expertise.

Blog sebagai jurnal harian berisi konten tentang pengalaman pribadi seseorang, misalnya blog yang menceritan pengalaman liburan bersama sahabat, pengalaman pertama dikirimi surat cinta, atau kegalauan yang terangkum dalam puisi - puisi, cerita pendek, prosa, ataupun curahan hati dengan bahasa ringan dan santai.

Blog sebagai jurnal reaksi berisi konten pendapat reaksi saat melihat suatu kejadian, kita lantas menuliskan opini. Bisa berupa opini terhadap peristiwa, produk yang kita jual, produk yang kita pakai, opini tentang tokoh panutan, maupun opini terhadap buku bacaan yang baru kita baca.

Blog sebagai jurnal of expertise berisi tentang tip-tip seputar hal - hal yang berkaitan dengan teknologi komputer, informasi, pengetahuan, kesehatan sehari - hari, atau tip - tip seperti yang terpapar pada buku ini "Creative Blog Writing".. Oh ya, konten dalam penulisan blog tak hanya berupa tulisan saja lho, konten blog juga bisa berupa gambar, video yang mendukung sebuah tulisan blog.

Buku ini berisi tips bagaimana membuat suatu konten blog secara kreatif. Lebih spesifiknya berisi tips bagaimana mencari ide atau tema tulisan untuk blog kita, mengupas bagaimana memanfaatkan elemen - elemen penulisan di blog sehingga menjadi blog yang menarik, dan juga berisi tips bagaimana menciptakan waktu yang padat untuk menulis blog.

Tenang saja, bahasa yang dipergunakan dalam pemaparannya penulis tuliskan dengan bahasa ringan, lugas, mudah dimengerti dan dipahami sehingga nantinya dapat dipraktekkan jika ingin mulai belajar membuat blog secara kreatif. Tak hanya berisi tips cara membuat blog kreatif, penulis juga memaparkan bagaimana membuat blog menarik sehingga meningkatkan intensitas pengunjung blog yang nantinya blog menjadi mudah dikenali mesin pencari sekelas google. Maka, tak menutup kemungkinan pula suatu saat blogmu menjadi terkenal dan menghasilkan pundi - pundi uang seperti blog aditya mulya., raditya dika ataupun blog mbak Ollie ini..

Adapun beberapa manfaat yang saya dapatkan dari membaca buku ini.


Pertama, saya mengetahui bahwa dengan ngeblog kita bisa mencari uang tambahan, jalan - jalan gratis ke luar negeri, diundang menjadi pembicara dalam berbagai event, menjadi kontributor penulis majalah, atau bahkan bisa menerbitkan buku sendiri.


Kedua, pengetahuan saya tentang blog semakin bertambah. Ternyata blog itu banyak jenisnya, elemen - elemen apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat blog, cara membuat judul yang menarik, tulisan yang membuat pembaca penasaraan, serta bagaimana mencari ide membuat tulisan. Ternyata ide itu bisa ada dimana saja ya, malah bisa diambil dari kehidupan sehari - hari. Oh ya, satu hal lagi tips yang terpenting dan benar adanya bahwa menulis blog atau karya tulis lain sebaiknya sesuai passion atau hobi kita. Karena sesuatu yang dikerjakan sesuai passion maupun hobby hasilnya akan maksimal dan tanpa terbebani.. Hehe..


Ketiga, Jika dipahami, ditekuni, dan diterapkan, menciptakan mood membuat tulisan blog itu tidak begitu susah. Asalkan mau berusaha dan membiasakan diri untuk menulis , menulis dan menulis, InsyaAllah sebuah tulisan akan tercipta dalam sekejap.

Nah, jika tulisan blog sudah dengan mudah dibuat, tugas akhir kita tinggal melakukan optimasi pemasaran terhadap blog kita. Rajin - rajin ikut diskusi forum, pemasaran lewat social media seperti facebook dan twitter, tumblr dan berbagai wadah lain yang mungkin baru anda temui di buku ini. Selamat membaca.


No comments:

Post a Comment