Sunday, April 21, 2013

Menikmati Patung Kartini di Monas

Meski Jepara merupakan kota kelahiran R.A Kartini, namun kehadiran beliau masih dapat kita lihat melalui monumen patung tokoh wanita yang berdiri di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat. 

Dulu patung Kartini diletakkan di kawasan Taman Surapati, Menteng Jakarta Pusat. Namun kini Patung Kartini telah diganti dengan patung Pangeran Diponogero sedang berkuda.

Awalnya, kebingungan sempat terjadi saat proses pemindahan patung, hingga akhirnya Monas dijadikan tempat patung Kartini berdiri/ Wisatawan yang berkunjung dapat menikmatinya di kawasan Monas, dekat Stasiun Gambir.  



Patung Kartini menampilkan pose Kartini yang berbeda, yaitu pose berjalan, menyusui dan menari. Patung tersebut berdiri diatas lahan seluas 7x48 meter persegi. Patung yang merupakan hadiah dari Jepang, diresmikan peletakannya pada 20  Desember 2005 oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yutaka Himura. Supaya mudah dikunjungi banyak warga dan wisatan adalah salah satu alasan mengapa patung Kartini tersebut diletakkan di sisi timur Monas.

Nah, buat kawan - kawan yang senang berkeliling Monas, tidak ada salahnya menikmati Patung Kartini dari dekat ya. Disini kalian bisa mengambil foto sepuasnya dengan latar belakang Pahlawan Wanita yang berpengaruh besar terhadap perubahan kegelapan nasib wanita kala itu.

Happy Kartini Day..!!! :D

No comments:

Post a Comment